Contoh Proposal Penelitian
Judul Penelitian : Pemanfaatan
Internet Sebagai Sumber Pembelajaran Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi
Universitas Gunadarma.
1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang
Perkembangan global sekarang ini
begitu pesat. Dalam penggunaan teknologi pun sudang berkembang ke berbagai
bidang. Terutama dalam bidang pendidikan. Seiring perubahan teknologi, pradigma
pembelajaran pada perguruan tinggi pun berubah. Keberhasilan pendidikan di
perguruan tinggi tidak lagi tergantung atau mengacu kepada pengajar atau dosen
tetapi mengacu kepada keaktifan pelajar atau mahasiswa.
Selain sumber belajar berupa
perpustakaan yang tersedia di kampus, penggunaan internet memberikan kemudahan
dalam menggali ilmu pengetahuan. Melalui internet mahasiswa dapat mengakses
berbagai literatur dan referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan cepat,
sehingga dapat mempermudah proses studinya.
Penelitian ini ingin mengetahui
sejauh mana mahasiswa Fakultas Ekonomi telah memanfaatkan teknologi internet
sebagai sumber belajar yang mendukung proses belajarnya di bangku kuliah.
1.2. Rumusan Masalah
Untuk memperjelas permasalahan yang
akan diteliti, maka masalah tersebut dirumuskan sebagai berikut :
1. Apakah mahasiswa Fakultas Ekonomi telah memanfaatkan internet sebagai
sumber belajar ?
2. Alasan apa yang memotivasi mahasiswa prodi Fakultas Ekonomi memanfaatkan
internet sebagai sumber belajar ?
3. Faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat mahasiswa Fakultas Ekonomi
untuk memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
1.3. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui :
1. Jumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi yang telah memanfaatkan internet sebagai
sumber belajar.
2. Alasan yang memotivasi mahasiswa Fakultas Ekonomi memanfaatkan internet
sebagai sumber belajar.
3. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat mahasiswa Fakultas Ekonomi
memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
1.4. Batasan Masalah
Meskipun banyak permasalahan yang
berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran, namun
dalam penelitian ini hanya membatasi pada masalah pemanfaatan internet sebagai
sumber belajar oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi.
2. Tinjauan Pustaka
2.1. Pengertian Internet
Internet (inter-network)dapat
diartikan jaringan computer luas yang menghubungkan pemakai computer satu
computer dengan computer lainnya dan dapat berhubungan dengan computer dari
suatu Negara ke Negara di seluruh dunia ,dimana didalamnya terdapat berbagai
aneka ragam informasi Fasilitas layanan internet Browsing atau surfing Yaitu
kegiatan “berselancar” di internet .
Selain pengertian di atas, internet
juga disebut sebagai sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs
akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet
menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dari sumber daya informasi untuk
jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet meliputi
komunikasi langsung (e-mail, chat), diskusi (usenet news, milis,
bulletin board), sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide
Web, Ghoper), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), serta
berbagai layanan lainnya.
2.2. Penggunaan Internet Dalam
Pembelajaran
Peralatan berbasis teknologi
informasi yang dikenal dan dapat digunakan dalam pembelajaran antara lain:
email, penugasan dengan sarana web, permainan komputer, sistem pengelola
pembelajaran (learning management systems), daftar surat-menyurat (mailing
list), papan bulletin (bulletin boards) dan multi media.
1. Email
Pada saat ini, penggunaan email
merupakan cara komunikasi yang inovatif dengan peserta didik. Cara
penggunaannya dapat dilakukan secara dialog orang-per-orang(one-on-one
dialogs) pokok bahasan tertentu dan sebagian besar email untuk penugasan.
Penggunaan lain dari email, yaitu “just-in-time-teaching).
2. Penugasan Web
Pengguna dari World Wide Web
terbiasa dengan informasi yang berlebih dan kemudahan dalam menemukan materi.
Di lingkungan pendidikan dan pelatihan sering instruktur memberikan penugasan
melalui web, seperti permintaan kepada peserta didik untuk singgah di situs web
(website) tertentu dan menjelaskan informasi apa yang didapatkan dalam
pembelajaran kelas. Melalui web memberikan peluang kepada instruktur
menjelaskan sumber materi pembelajaran aktual kedalam kelas.
3. Permainan Komputer dan Simulasi
Penggunaan permainan komputer sangat
populer digunakan dalam pembelajaran dinamis. Permainan untuk pembelajaran yang
disimulasikan di kelas atau secara on-line banyak tersedia dalam bentuk
digital. Beberapa pembelajaran permainan komputer dan simulasi ini sudah mulai
dicoba penggunaannya dalam pendidikan militer dalam mensimulasikan latihan
perang, atau latihan kesiapan satuan tempur.
4. Pengajaran menggunakan Blog
Blog (blok web) merupakan barang
baru di dunia internet. Blog merupakan kelanjutkan dari home page yang bersifat
statis. Dalam blog, intruktur dapat menyatakan pandangan, pengalaman,
pengamatan, pendapatnya. Dalam kasus ini blog dapat menjadi sebuah jurnal
publik, yang memungkinkan pembaca untuk menyampaikan komentar, yang dapat
menjadikan blog sebagai tempat debat publik. Blog dapat digunakan untuk
berbagai tujuan: (1) Digunakan oleh peserta didik untuk memelihara blog mereka;
(2) Instruktur menggunakan blog untuk melaksakan diskusi topik tertentu yang
memerlukan komentar peserta didik; (3) Digunakan oleh peserta didik untuk
membaca dan memberi komentar materi pembelajaran.
3. Metodologi Penelitian
3.1. Desain Penelitian
Penelitian ini menggunakan desain
penelitian survai, yang dipakai untuk tujuan eksplorasi. Penelitian ini
bertujuan untuk menggali informasi tentang pemanfaatan internet sebagai sumber
belajar oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma.
3.2. Populasi dan Sampel Penelitian
Populasi dan wilayah generalisasi
penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma yang meliputi
mahasiswa angkatan 2008 dan 2009. Sampel penelitian diambil secara proporsional
random sampling.
3.3. Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner.
3.4. Teknik Analisis Data
Data yang terkumpul akan dianalisis
secara deskriptif dengan tabulasi dan persentase.
4. Daftar Pustaka
http://ardyprasetyo.wordpress.com/2008/04/12/pemanfaatan-internet-sebagai-media-pembelajaran/
http://id.shvoong.com/books/1901179-pengertian-internet/
http://praptonasdor.wordpress.com/2008/07/10/penggunaan-komputer-dan-internet-dalam-pembelajaran/
http://farisahasniar.blogspot.com/2010/06/tugas-contoh-proposal-penelitian.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar